>
BREAKING NEWS

Category 5

Category 6

Unduhan

Minggu, 12 Maret 2017

Berikut Manfaat Hutan Secara Langsung

Hutan sebagai peranan yang sangat penting bagi lingkungannya,adapun timbal balik dalam lingkungan hutan.Untuk Manfaat Hutan Secara Langsung cukup bervariasi di lihat dari sudut pandangnya.


Sumber : Pixabay.com

1. Sebagai Tempat Hidup  Hewan dan Tumbuhan


Sumber : Pixabay.com

Keberadaan hutan sangat besar sekali bagi kehidupan,hutan juga sebagai tempat perlindungan yang baik bagi hewan dan terjaganya tumbuh-tumbuhan dari kepunahan.

2. Menanggulangi Erosi / Banjir


Sumber : Pixabay.com

Dengan banyaknya tumbuhan di hutan akar seta batangnya sebagai wadah air hujan.Tentunya bila hujan besar melanda hutan gundul akan menyebabkan erosi dan menyebabkan banjir dan bedambak pada dataran rendah.

3.Penghasil Gas Oksigen ( O2 )


Sumber : Pixabay.com

Hutan adalah paru - paru dunia,sebagai makhluk hidup tdiharuskan menjaga kelestarian alam,Hutan sangat penting pagi makhluk hidup untuk bernafas dan kelangsungan hidupnya.

4. Pengatur Peredaran Air

5. Sebagai Penyaring Udara yang Tercemar



Sumber : Pixabay.com

Pencemaran yang terbawa oleh angin akan di serap oleh Hutan,Gas Karbon Dioksida akan terserap oleh tumbuhan.Dengan adanya Hutan yang terjaga karbon dioksida akan terserap baik oleh tumbuhan.Yang seperti kita tahui Karbon Dioksida adalah hasil pembakaran makhluk hidup.

6. Membentuk Humus

Sisa - sisa daun yang berjatuhan menjadikan hutan alat yang baik buat manusia.Tersedianya humus yang berlimpah akar dan tanaman akan tumbuh subur.


BACA. 

Peranan Hutan Bagi Manusia


REFERENSI : Buku Manfaat Hutan Lindung [Ahmad Jazuli]


 
Copyright © 2017 Dugalan Kita
Powered byBlogger